Jumat, 06 April 2012

pemetaan kesehatan masyarakat


Pemetaan partisipatif dibidang kesehatan masyarakat


Ilmu Public Health Menurut Winslow adalah ilmu atau seni yang bertujuan untuk mencegah penyakit, memperpanjang umur, dan meningkatkan efisiensi hidup masyarakat melalui upaya kelompok-kelompok masyarakat yang terkoordinasi, perbaikan kesehatan lingkungan, mencegah dan memberantas penyakit menular, dan melakukan pendidikan kesehatan untuk masyarakat/perorangan. Nah dari sekelumit pengertian diatas ada tindak nyata yang kita bisa lakukan salah satunya dengan melakukan pemetaan patispatif.
Pemetaan partisipatif (partisipatory mapping) adalah suatu kegiatan dalam pemetaan yang semakin banyak diterapkan diberbagai bidang saat ini.

Pemetaan ini adalah suatu aksi yang melibatkan pemangku kepentingan dalam membangun informasi keruangan Kegiatan surveillance atau pelacakan kasus di masyarakat yang harus terus ditingkatkan sebagai langkah pencegahan dini penularan berbagai jenis penyakit dengan melibatkan peran serta masyarakat sebagai gerbang terdepan untuk system pelaporan kasus penyakit yang ada lingkungan sekitar mereka .

Pemetaan partisipasi dibidang kesehatan masyarakat ini mengunakan media informasi dari masyarakat baik melalui sms maupun media lain yang memberikan kontribusi informasi pada lokasi mereka masing-masing akan permasalahan kasus-kasus kesehatan, disinalah sisi dimana pemetaan partisipatif dilakukan. Pemberian informasi ini memperkaya kondisi realitas yang terjadi pada banyak lokasi, dan hal ini tidak harus dilakukan oleh orang yang memahami SIG atau pemetaan walaupun nantinya data informasi yang diperoleh dari masyrakat itu diterjemahkan oleh ahli peta atau seorang engginer GIS untuk diterjemahkan kedalam data spasial kemudian di tampilkan kedalam sebuah system informasi geografis bisa berbentuk desktop maupun webgis. Dengan adanya pemetaan partisipasi masyarakat ini Peran penting promosi kesehatan akan selalu ditingkatkan, untuk membangun sebuah pengetahuan dan kesadaran di masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan pribadi dan menerapkan pola-pola hidup yang sehat.

Pemetaan partisipatif semakin memberi ruang yang lebar terhadap komunikasi dua arah antara pemerintah dan masyarakat, Sehingga upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat ini bisa langsung dirasakan oleh masyarakat secara luas.

Saya berkeyakinan bahwa dengan secuil informasi yang dilakukan oleh para contributor yang terpercaya, dan memberikan informasi mendekati kondisi sebenarnya akan posisi dan waktu kejadian. Akan memberikan nilai manfaat yang sangat tinggi untuk masyarakat dalam menjaga kesehatan.

Dan yang ingin dicapai dari pemetaan partispasif ini adalah “mencoba membangun bersama informasi” ini adalah sesuatu yang berguna dan “menyenangkan”. Dengan satu SMS kontributor telah dapat “meletakkan” simbol kasus penyakit diposisi tertentu pada peta secara otomatis, dan sekaligus “mengabarkan pada dunia” bahwa di lokasi tersebut terjadi suatu kasus penyakit yang serius untuk segera dilakukan tindakan nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar